GridOto.com – Bagi kaum urban kendaraan menjadi salah satu kebutuhan pokok yang wajib dimiliki untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Namun, tingginya tingkat kemacetan di kota-kota besar, seperti Jakarta tentu menjadi momok yang cukup berat setiap harinya.

Belum lagi kontur jalanan di Indonesia tidak semuanya mulus. Bahkan, di area perkotaan pun masih kerap ditemui jalan berlubang dan genangan air saat musim hujan tiba.

Untuk itu, dibutuhkan kendaraan yang tangguh, tetapi tetap lincah dan ringkas untuk menjelajah jalan perkotaan.

Demi menjawab kebutuhan tersebut, PT Kreta Indo Artha (KIA) pada November 2020 lalu, meluncurkan mobil compact sport utility vehicle (SUV), yakni KIA Sonet.

Salah satu kelebihan dari mobil ini adalah harganya yang terjangkau. Seperti diketahui, KIA Sonet ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 193 jutaan. Namun, selain dikenal sebagai SUV terjangkau, ada lagi enggak sih kelebihan mobil ini?

Head of Global Brand and Customer Experience dari Kia Global Headquarters Artur Martins mengatakan, KIA Sonet disiapkan sebagai SUV compact yang diperkaya dengan fitur baru dan teknologi premium di kelasnya.

“(Kia Sonet) akan memperkuat daya tarik Kia kepada semua dengan elemen-elemen premium yang membuat siapapun yang mengendarainya merasa ‘extra’ dibandingkan dengan yang lain dijalan,” ujarnya dalam peluncuran KIA Sonet menurut rilis yang diterima GridOto, Jumat (5/2/2021).

Menilik dari eksteriornya, sebagai compact SUV, KIA Sonet memiliki perawakan yang cukup “berotot”. Tampilannya gagah sekaligus modern, menyesuaikan dengan gaya hidup kaum urban.

Desain pada tongkrongan depan, terutama pada bagian kap mesin mengedepankan guratan tebal dan lebar. Selain itu, KIA Sonet memiliki grill honeycomb yang mengusung desain ciri khas mobil-mobil KIA, yakni tiger nose.

Desain headlamp yang sudah menggunakan lampu berteknologi light-emitting diode (LED), dibuat sipit mengikuti garis tepi grill. Desain serupa juga diterapkan pada lampu belakang.

Sementara, siluet sampingnya dibuat minimalis yang mengesankan dimensi kompaknya, sedangkan belakang dibuat agak futuristik dengan aksen rear lamp yang memanjang berkat reflektor di pintu bagasi.

KIA Sonet memiliki ground clearance 205 milimeter (mm). Dengan demikian, mobil  ini memungkinkan pengendara menaklukan kontur jalan berlubang hingga genangan air sekalipun. Fitur ini dapat membuat pengendara merasa tenang menghadapi kondisi jalan di perkotaan yang juga tidak menentu.

Kesan modern juga dihadirkan di dalam ruang kabin.  Di bagian dasbor disematkan beragam fitur dengan layout driver oriented untuk memanjakan pengendaranya.

Mulai dari pengaturan audio dan cruise control di lingkar kemudi, tombol start-stop engine, sampai layar speedometer yang bisa menampilkan ragam informasi penting.

Tak hanya itu, KIA Sonet juga dilengkapi head unit berukuran 8,8 inci dengan ragam koneksi dan sudah terintegrasi dengan Apple Carplay serta Android Auto.

Menariknya lag, mobil ini disematkan empat unit main speaker, dua tweeter, serta subwoofer. Dengan begitu, kualitas suara yang dihasilkan akan terasa lebih sempurna.

Apalagi perangkat audio juga bisa dikombinasikan dengan LED Sound Mood Light yang diletakan pada bagian baris pertama.

Selanjutnya, KIA Sonet sudah dilengkapi dengan pengaturan AC digital. Lalu tersedia juga ventilated seat, yang memungkinkan udara segar mengalir lewat serangkaian lubang tipis di sandaran punggung dan bokong.

Pada varian tertinggi yakni Premiere juga dipersenjatai dengan bangku elektrik dan juga cruise control.

Fitur keselamatan yang andal

Mobil ini dilengkapi dengan peranti keselamatan pasif, seperti airbag yang tersedia di enam titik. Lalu, tersedia juga fitur keselamatan lainnya, seperti anti braking-lock system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), electronic stability control (ESC), hingga hill assist control (HAC) untuk mencegah mobil meluncur ke belakang saat di tanjakan.

Guna memudahkan pengemudi ketika memarkirkan kendaraan, mobil ini sudah dibekali dengan kamera parkir belakang.

 

KIA Sonet memiliki beragam fitur unggulan.

Dok. KIA
KIA Sonet memiliki beragam fitur unggulan.

 

Performa mumpuni

KIA Sonet dibekali mesin Gamma II DOHC, Dual CVT intelligent variable transmission (IVT) berkubikasi 1.497 cc. Mesin tersebut disandingkan dengan sistem transmisi CVT 8 percepatan.

Berdasarkan data, mesin tanpa turbo tersebut mampu mengolah tenaga hingga 113 dk pada 6.300 rpm, sementara torsinya pun cukup besar, yakni 144 Nm di putaran 4.500 rpm.

Menariknya, karakter berkendara dapat disesuaikan dengan seleksi mode berkendara dan traksi.

Untuk urusan warna KIA Sonet hadir dalam enam warna berbeda, seperti clear whitesteek silverintense redbeige goldintelligence blue, dan aurora black pearl.

Nah, bagi konsumen yang ingin mendapatkan mobil asal Korea Selatan ini, mulai dari harga Rp 193 juta hingga Rp 289 juta untuk varian tertinggi. Berikut daftar tipe dan harga KIA Sonet on the road (OTR) Jakarta:

1.5 iVT Premiere Rp 289 juta
1.5 iVT Dynamic Rp 265 juta
1.5 iVT Smart Rp 251 juta
1.5 M/T Smart Rp 238,5 juta
1.5 M/T Active Rp 204,5 juta
1.5 M/T Standard Rp 193 juta

Untuk layanan after sales, konsumen juga akan dimanjakan dengan hadirnya garansi resmi hingga 7 tahun atau 200.000 km, mana yang dicapai lebih dulu.

Selain itu, untuk layanan Sobat GridOto pun tak perlu khawatir karena KIA sudah memiliki jaringan dealer yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa klik tautan berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *